h1

HACKER

15 Desember 2010

Oke guy…kali ini kita mencoba membahas tentang hacker..tentu teman-teman udah pada tahu apa itu hacker,mengapa di sebut hacker,siapakah mereka .???

Hacker memang sosok yang banyak menuai kontroversi.Makna Hacker itu sendiri bisa bermacam-macam,sesuai perubahan zaman.

ulasan kali  ini berusaha menerangkan dua sisi hacker,sisi pertama adalah mereka yang menggunakan kemampuan teknisnya untuk mengembangkan dunia teknologi informasi dan  computer.Kelompok ini kerap disebut dengan istilah White-Hat Hackers.

Sedangkan di sisi lain adalah mereka yang menggunakan kemampuan teknis untuk melakukan sesuatu yang melanggar batas-batas norma dan etika.Inilah kelompok Black-Hat Hackers,kelompok yang sangat dekat dengan kejahatan elekronik. Namun,sebenarnya dunia hacker tidak hitam-putih,istilah White-Hat dan Black Hat tidak bisa jadi harga mati.Umumnya seorang yang bergerak di bidang computer dan gemar melakukan kreasi dan eksperimen,terutama di bidang keamanan computer,lebih cocok dimasukkan dalam golongan Gray-Hat Hackers,hacker topi kelabu. semoga dengan blog ini pembaca dapat melihat hacker secara utuh dan memahaminya tanpa prasangka lagi.Bahkan etos hacker sebenarnya merupakan sesuatu yang layak untuk diterapkan dalam kehidupan sehari-hari,selama koridor etikanya dipenuhi,Jadilah seorang hacker!

Istilah Hacker sendiri lahir sekitar tahun 1959 dari MIT(Massacusetts Institute of Technology), sebuah universitas di Amerika yang terdiri dari orang-orang cerdas namun cenderung tidak mempercayai adanya Tuhan (Atheis). Saat itulah semua berawal, dari sebuah ruangan baru, “EAM room” pada Building 26 MIT, sebuah tempat yang merupakan nenek moyang dari “dunia baru” yang kini kita kenal, tempat nenek moyang sebuah mesin yang kini kita sebut sebagai “komputer”, mesin yang mampu membawa kita menuju kelebih baikan dengan kebebasan informasi, dunia para Hacker sejati.

Para Hacker selalu bekerjasama secara sukarela menyelesaikan masalah dan membangun sesuatu. Mereka selalu berbagi informasi, memberi jawaban serta berlomba-lomba untuk berbuat yang terbaik agar dihormati di lingkungannya. Mereka tidak pernah berhenti belajar untuk menjadi ahli dan sangat anti untuk melakukan sesuatu berulang-ulang dan membosankan. Mereka berpedoman pada kata-kata bijak : “Untuk mengikuti jalan – pandanglah sang ahli – ikuti sang ahli – berjalan bersama sang ahli – kenali sang ahli -jadilah sang ahli ”

Sementara itu, para kracker sibuk untuk memuaskan diri mereka dengan aktivitas kracking. mulai dari membobol komputer, menebar virus (tanpa tujuan – beberapa Hacker sejati ada yang menulis virus namun dengan tujuan yang jelas), hingga mengakali telepon (Phreaking). Para Hacker menyebut mereka sebagai orang malas yang tidak bertanggung jawab. Jadi, sangat tidak adil jika kita tetap menganggap bahwa Hacker itu jahat dan menakutkan karena sangat jelas bahwa Hacker bersifat membangun sementara kracker bersifat membongkar.

Ingin jadi seorang Hacker?? Tidak ada kata sulit bagi mereka yang mau belajar. Untuk menjadi seorang Hacker anda harus menguasai beberapa bahasa pemrograman dan tentu saja sikap-sikap yang bisa membuat anda diterima di lingkungan mereka. Biasanya calon Hacker memulai dengan belajar bahasa [Python] karena bahasa ini tergolong bahasa pemrograman yang termudah. Bahasan mengenai bahasa ini bisa anda lihat di http://www.python.org. Setelah itu anda juga harus menguasai [java] yang sedikit lebih sulit akan tetapi menghasilkan kode yang lebih cepat dari Python, [C], [C++] yang menjadi inti dari UNIX, dan [Perl] (www.perl.com) serta [LISP] untuk tingkat lanjut.

Setelah menguasai semua kemampuan dasar diatas, calon Hacker disarankan untuk membuka salah satu versi UNIX open-source atau mempelajari LINUX, membaca kodenya, memodifikasi dan menjalankannya kembali. Jika mengalami kesulitan, disarankan untuk berkomunikasi dengan club pengguna Linux [www.linpeople.org]

Sisi menarik dari seorang Hacker adalah dimana mereka saling bahu-membahu dalam menyelesaikan sebuah masalah dan membangun sesuatu. Tetapi sayangnya, kehidupan mereka yang menghabiskan 90% waktunya untuk aktivitas Hacking bukanlah hal yang baik. Kalau memang benar-benar ingin jadi Hacker, jadilah Hacker yang baik…

Tingkatan-tingkatan Dalam Dunia Hacker

Elite :

Juga dikenal sebagai 3l33t, 3l337, 31337 atau kombinasi dari itu; merupakan ujung tombak industri keamanan jaringan. Mereka mengerti sistemoperasi luar dalam, sanggup mengkonfigurasi & menyambungkan jaringan secara global. Sanggup melakukan pemrogramman setiap harinya. Sebuah anugrah yang sangat alami, mereka biasanya effisien & trampil,menggunakan pengetahuannya dengan tepat. Mereka seperti siluman dapat memasuki sistem tanpa di ketahui, walaupun mereka tidak akan menghancurkan data-data. Karena mereka selalu mengikuti peraturan yang ada.

Semi Elite:

Hacker ini biasanya lebih mudadaripada Elite.Mereka juga mempunyai kemampuan & pengetahuan luas tentang komputer. Mereka mengerti tentang sistem operasi (termasuk lubangnya). Biasanya dilengkapi dengan sejumlah kecilprogram cukup untuk mengubah program eksploit. Banyak serangan yang dipublikasi dilakukan oleh Hacker kaliber ini, sialnya oleh para Elite mereka sering kali di kategorikan Lamer.

Developed Kiddie:

Sebutan ini terutamakarena umur kelompok ini masih muda (ABG)&masih sekolah. Mereka membaca tentang metoda hacking & caranya di berbagai kesempatan. Mereka mencoba berbagai sistem sampai akhirnya berhasil & memproklamirkan kemenangan ke lainnya.Umumnya mereka masih menggunakan Grafik UserInterface (GUI) & baru belajar basic dari UNIX, tanpa mampu menemukan lubang kelemahan baru di sistem operasi.

Script Kiddie:

Seperti developed kiddie, Script Kiddie biasanya melakukan aktifitas di atas. Seperti juga Lamers, mereka hanya mempunyai pengetahuan teknis networking yang sangat minimal. Biasanya tidak lepas dari GUI. Hacking dilakukan menggunakan trojan untuk menakuti & menyusahkan hidup sebagian pengguna Internet.

Lamer:

Mereka adalah orang tanpa pengalaman & pengetahuan yang ingin menjadi Hacker (wanna-be Hacker). Mereka biasanya membaca atau mendengar tentang Hacker & ingin seperti itu. Penggunaan komputer mereka terutama untuk main game, IRC, tukar menukar software prirate, mencuri kartu kredit. Biasanya melakukan hacking menggunakan software trojan, nuke & DoS. Biasanya menyombongkan diri melalui IRC channel dsb. Karena banyak kekurangannya untuk mencapai elite, dalam perkembangannya mereka hanya akan sampai level developed kiddie atau script kiddie saja.

MANIFESTO HACKER

Ada semacam romantisme kenakalan remaja pada budaya hacker.Napas-napas pemberontakan yang memikat,sama memikatnya seperti Jim Morisson,Che Guevara,Soe Hok Gie,Chairil Anwar,Iwan Fals,atau Eminem.Romantisme tersebut berasal dari

idealisme kebebasan dan rasa ingin tahu.Seperti tercermin dalam dokumen ‘The Conscience of a Hacker’ (Hati Nurani Seorang Hacker)yang dituliskan seorang bernama The Mentor.Berikut cuplikan dokumen yang kerap disebut ‘Manifesto Hacker’itu:

Inilah dunia kami…dunia electron dan switch,beauty of the baud.Kalian menyebut kami

penjahat..karena kami menggunakan layanan yang sudah ada tanpa membayar,padahal

layanan itu seharusnya sangat murah jika tidak dikuasai olej orang-orang rakus.Kami

kalian sebut penjahat..karena kami gemar menjelajah.Kami kalian sebut penjahat…

karena kami mengejar ilmu pengetahuan.kami ada tanpa mengejar ilmu

pegetahuan.Kami ada tanpa warna kulit,tanpa kebangsaan,tanpa bias agama..tapi bagi

kalian kami penjahat.Kami adalah penjahat…sedangkan kalianlah yang membuat bom

nuklir,mengobarkan peperangan,membunuh,berbuat curang,berbohong,dan berusaha

membuat kami percaya bahwa itu semua demi kebaikan kami.

Ya,aku adalah penjahat.Kejahatanku adalah keingintahuanku.Kejahatanku adalah

menilai orang berdasarkan perkataan dan pikiran mereka,dan bukan berdasarkan

penampilan mereka,dan bukan berdasarkan penampilan mereka.Kejahatannku adalah

menjadi lebih pintar dari kalian,sebuah dosa yang tak akan bisa kalian ampuni

Aku adalah hacker,dan inilah menifestoku.Kau bisa menghentikan satu,tapi kau tak bisa

menghentikan semuanya…bagaimanapun juga,kami semua sama.(The Mentor,1986)

White-Hat Hackers

White-Hat Hacker,hacker dengan topi putih,adalah tokoh-tokoh yang mengagumkan dari segi pencapaian teknis dan filosofis mereka yang turut mengembangkan budaya hacker di dunia. Ini adalah tokoh-tokoh yang ikut mendorong banyak revolusi dalam dunia computer dan teknologi informasi. Mereka yang berani melakukan kreativitas di luar kebiasaan sehari-hari. Merekalah pemikir-pemikir out-of-the-box,revolusionis dalam dunia yang semakin kabur.

 

  • Tim Berners Lee:

Sang Ksatria Penemu Web

Ada sekian ratus juta orang saat ini mengakses Internet.Dan sebagian besar dari mereka menggunakan Internet untuk mengakses web dalam mendapatkan informasi,memanfaatkan layanan-layanan email gratis lewat web,dan lain-lain.Tapi hanya sedikit saja yang tahu siapa penemu web.Sang penemu web itu adalah Tim Berners-Lee. Banyak orang bilang,ia dikenal cukup pendiam,Bahkan ada orang yang menyebutnya sebagai lelaki pemalu dengan gaya bicara yang lembut dan pelan.Pernyataanpernyataannya

tidak terlalu banyak dapat ditemukan di media massa.Itulah sebabnya ketika bukunya yang berjudul “Weaving The Web” diterbitkan,cukup banyak yang berminat.

Bagaimana dengan kisah kehidupan pribadinya?Apalagi!Bukan saja pelit,dia bahkan benar-benar menghindar publikasi kehidupan pribadinya di media massa.Di salah satu halaman FAQ situs webnya ada pertanyaan,”Bisakah Anda cerita lebih banyak tentang

kehidupan pribadi Anda?”,tanpa ragu dia menjawab”No,I can’t.”Ia selalu menolak menjawab pertanyaan mengenai istri dan kedua anaknya,meskipun sebuah foto bergambar dua kepala bocah terpampang menjadi dekorasi di kantornya.

Baginya dengan menemukan teknologi yang paling berpengaruh abad ini tak berarti ia harus menjadi pesohor.”Dalam konteks publik,tidak apa aku ditunjuk sebagai penemu World Wide Web .Yang aku mau,citra itu dipisahkan dari kehidupan pribadi,sebab

kesohoran dapat menghancurkan kehidupan pribadi,”ujarnya kala itu. Pada tahun 2004 Tim memperoleh penghargaan sebagai Ksatria oleh Kerajan Inggris (Knight Commander of the Order of the British Empire) karena jasanya menemukan Web.Terkait dengan itu Tim menyebut temuannya itu dengan sebutan ‘hanya sebuah program’

ANAK SARIPATI ZAMAN KOMPUTER

Tumbuh di London pada athun 60-an.Tim Berners-Lee adalah anak saripati zaman computer.Darah computer memang mengalir di lelaki kelahiran London 8 Juni 1955 ini.Kedua orangtuanya,Conway dan Mary Berners-Lee adalah pasangan ahli matematika

yang turut dalam tim pemrograman computer pertama yang dijual secara komersial:Ferranti Mark I.Mary Berners Lee pernah dijuluki”programmer computerdiinstal. Kedua orang tuanya,yang sama-sama ahli computer itu,yang mengajarkan Berners-Lee

untuk berpikir tidak konvensional.Pasangan Conway dan Mary Berners-Lee mengajari anak-anaknya untuk menikmati matematika kepanpun,dan mengajar mereka bahwa matematika bisa muncul di mana pun. Bayangkan,pada jam-jam sarapan atau selagi anak-anak lelaki lain bermain sepakbola di luar rumah keluarga di Barnes,South London,Berners-Lee justru berada di dalam rumah

memainkan permainan nomor yang diciptakan oleh orang tuanya.Dan jangan salah,yang ia mainkan bukan nomor-nomor sembarangan,tapi nomor-nomor imajiner.Misalnya,berapakah akar kuadrat minus 4? Dan tahukah mainan apa yang ia buat semasa kecil?Komputer-komputeran yang ia buat dari kardus.Sejak kecil pun ia tergila-gila pada elektronika.

KARIR BERNERS LEE

Pernah satu hari semasa masih sekolah SMU,ia melihat ayahnya sedang menyiapkan sebuah bahan ceramah mengenai computer untuk Basil de Ferranti.Ayah dan anak lalu ngobrol tentang betapa otak manusia mempunyai keungulan yang unik melebihi

computer,sebab otak manusia dapat menghubungkan konsep-konsep yan sebelumnya seperti terpisah-pisah.Misal.jika orang sedang berjalan dan melihat pohon yang bagus,dia mungkin berpikir betapa keteduhan taman yang ada dalam naungan pepohonan,dan

kemudian memikirkan halaman belakangnya,dan lalu ia memutuskan untuk menanam sebatang pohon peneduh di belakang rumahnya.bagi Berners-Lee muda,obrolan ini memberi kesan yagn kuat mengenai potensi-potensi computer untuk mampu

menghubungkan dua potong informasi apapun yang semula tak berkaitan. Kegilaannya pada elektronika dan didikan orang tuanya mengenai matematika rupanya mendorong Berners-Lee untuk memilih fisika teoritis ketika ia kuliah di Queen’s College

Oxford University,yang ia masuki pada 1973.Berners-Lee mengira,fisika merupakan semacam kompromi antara matematika dan elektronika,antara teori dan praktek. Toh Berners-Lee akhirnya mengakui,”Nyatanya tidak begitu,Tapi fisika itu istimewa dan

sangat hebat.Fisika itu istimewa dan sangat hebat.Fisika itu menyenangkan dan merupakan persiapan yang bagus untuk menciptakan sebuag system global.” Kelak,latar belakang pendidikan fisikana ini cukup memengaruhi temuannya.”Di fisika,”kata Tim,”Anda belajar memikirkan beberapa aturan matematika sederhana pada skala mikroskopis,yang ketika diskalakan akan menjelaskan kelakuan makroskopisnya.Di internet,kita mencoba untuk menggagas protocol-protokol computer yang ketika diperhitungkan keskala makroskopis akan menghasilkan suatu ruang informasi dengan properti-properti yang kita suka.”

Semasa kuliahnya inilah ia mulai mewujudkan mimpi masa kecilnya,Berners-Lee membuat komputer mainan dari kardus,maka pada saat kuliah ini ia menyolder sendiri komputer pertamanya yang ia bikin dengan prosessor M6800 dan televisi bekas! Selepas kuliah pada 1976,pekerjaan yang diambilnya,tak jauh-jauh dari computer.Selama dua tahun ia bekerja di Plessey Telecommunications Ltd,sebuah pabrik peralatan telkom besar di Inggris.Di sana ia mengerjakan system transaksi terdistribusi,relay pesan,dan

tekonologi barcode.Tahun 1978 ia bergabung dengan D.G Nash Ltd,ia membuat software typesetting untuk printer,dan sebuah system operasi multasking. Perkawinannya yang pertama dengan Jane Nortcode,yang juga seorang programmer,berakhir di ujung decade 70-an.Tak lama kemudian selama satu tahun ia bekerja sebagai konsultan independent.Disusul enam bulan kemudian,mulai Juni sampai Desember 1980,ia bekerja sebagai konsultan softaware di CERN.CERN adalah kependekan dari Conseil Europeen pour ia Recherche Nucleaire.Lembaga itu sekarang disebut European Particle Physics Laboratory ,tapi masih disebut dengan

akronim “CERN”.Disanalah ia bertem dengan istri keduanya,Nancy –putri seorang pengacara York yang kaya.Sepertijuga Tim,Nancy juga seorang ahli computer yang bekerja I World Health Organisation. Fasilitas CERN berlokasi di sebuah area yang indah di pegunungan Jura dekat perbatasan Prancis tak jauh dari Jenewa,Swiss.Asal tahu saja,CERN begitu besar dan kompleks,dengan ribuan periset dan ratusan system. Kondisi ini melahirkan kuman gagasan di benak Tim.Dengan tekun ia membuat program komputer yang dapat bekerja seperti otak manusia,membuat semua link yang pasti antarfile yang berbeda yang tersimpan di komputernya.Yang ia kembangkan adalah sistem hypertext untuk mencatat beberapa hal:

1.Siapa bekerja dalam sebuah proyek apa.

2.Software apa berasosiasi dengan program apa.

3.Software apa yang jalan di komputer yang mana.

Sistem hiperteks pertamanya ini ia sebut Enquire.Berners-Lee memilih nama Enquire untuk sistem hiperteks-nya itu setelah ia menemukan sebuah buku tua yang pernah ada semasa kecilnya dulu di rumah orang tuanya.Buku berjudul “Enquire Within upon

Everything” ,yang menyajikan serangkian tip dan saran rumah tangga.Buku ini memesona Berners-Lee muda,dengan keyakinan bahwa buku itu berisikan jawaban untuk masalah apa pun di dunia. Enquire tak pernah dipublikasikan,Sistem ini ia pakai untuk keperluannya sendiri.Namun, program ini telah membentuk basis konseptual pengembangan masa depan Worl Wide Web .Dari 1981 sampai 1984,Berners-Lee bekerja di Image Computer Systems Ltd,bertanggung jawab untuk urusan desain teknis.Di sini ia menggarap software komunikasi dan grafis,serta sebuah bahasa makro generik.

PROYEK HIPERTEKS

Pada tahn1984 Tim Berners-Lee kembali bergabung dengan CERN.Ia mengerjakan sistem yang didistribusikan secara real-time untuk akuisisi data ilmiah dan kendali sistem.Selain itu,ia juga mengerjakan softaware sistem FASTBUS. Konon,sejak tahun itu pula ia mulai merancang proyek hiperteks untuk mendapatkan pendanaan.Pada Maret 1989,ia menyelesaikan proposal proyek hiperteks global,tentang suatu sistem yang mengkomunikasikan informasi riset di antara para periset yang mengkomunikasikan informasi riset di antara para periset di departeman High Energy Physics CERN.Proyek ini dimaksudkan untuk membantu para periset yang mempunyai masalah dalam berbagi informasi ke jaringan komputer skala luas,dan negera-negara yang berbeda.Proyek ini mempunyai dua sasaran. Pertama,sistem hiperteks harus mempunyai desain terbuka,dan mampu berjalan di komputer manapun yang dipakai di CERN,termasuk Unix,VMS,Macintosh,Nextstepmdan Windows.Kedua,sistem ini harus didistribusikan di

sebuah jaringan komputer. Pada saat yang sama,secara terpisah,Robert Cailliau yang sudah terlebih dahulu berada di CERN juga sedang mengusulkan proyek untuk mengembangkan sistem hypertext.Gagasan Cailliau mauppun Berners-Lee sangat-sangat mirip,sama-samaberbasis hypertext,sama-sama direncanakan bisa diakses dengan format yang berbedabeda. Bedanya menurut pengakuan Caillia,Berners-Lee juga tahu soal Internet.”Sementara aku tidak tahu apa-apa soal Internet,”kata Cailliau.Teman Cailliau yang juga bos Berners- Lee,Mike Sendall,berkata kepada Cailliau,”Coba lihat,kalian tahu tidak apa ini.Kenapa tidak kalian duduk bersama dan berembug?” Proposal Berners-Lee pun lalu dibaca oleh Cailliau.Di proposal yang belum diberi nama

oleh Berners-Lee itu,Cailiau menemukan kemiripan gagasannya dengan kepunyaan Berners-Lee.Perbedaan utamanya,menurut Cailliau,”Ada dua,ia memakai Internet dan ia punya sesuatu yang bisa dipertunjukkan,Makanya aku menyerah dan segera bergabung

dengannya.Jelas sekali,percuma saja mencoba hal lain selain terus mendorong proposal Tim.” Berners-Lee membuat sistem pengkodean yang relatif sederhana yang disebut Hyper Text Mark-Up Language(HTML),yang memungkinkan teks muncul di halaman web dan menambahkan gambar-gambar di halaman-halaman itu.Ia juga merancang sistem alamat web dan kode yang memungkinkan dokumen-dokumen di link-kan dari satu komputer ke komputer lain,atau disebut Hyper Text Transfer Protocol (HTTP).

BROWSER PERTAMA

Pada musim gugur 1990,selama sekitar sebulan Berners-Lee mengembangkan browser pertama di komputer NeXT,yang disebut NeXTStep.Sebetulnya NeXTStep adalah browser yang sekaligus editor.Ketika menggunakan software ini,tak ada lagi beda antara

pembuat dokumen dan pembacanya.Berners-Lee menjalankannya di komputernya dan komputer Cailliau,dan berkomunikasi dengan web server pertama di dunia di info.cern.ch pada 25 Desember 1990. Memajang buku telepon CERN di situs web merupakan proyek pertama yang dilakukan pasangan Berners-Lee dan Cailliau.Proyek ini disambut dengan cukup antusias.Beberapa orang mulai membuka sebuah window di komputernya sepanjang waktu hanya untuk mengakses halaman web page telepon itu. Untungnya,CERN telah terhubung ke ARPANET lewat Eunet setahun sebelumnya.Pada Agustus 1991,di newsgroup alt.hypertext Berners-Lee mengirimkan sebuah catatan tentang dimana mendownload web server dan browsernya.Dengan begitu,baik web dan server maupun browser tersedia di seluruh dunia.Dengan serta merta web server bermunculan. Web server lalu mempunyai protokol FTP setelah baru yang mendukung protokol FTP setelah Berners-Lee menambahkannya kemudian.Dengan demikian berbagai direktori FTP dan newsgroup-newsgroup yang telah ada cukup banyak sebelumnya lalu dapat diakses lewat sebuah halaman web.Ia juga menambahkan sebuah telnet server di mesin info.cern.ch,sehingga orang yang tidak mempunyai komputer NeXT dapat memakai

browser yang tersimpan di dalamnya.

PARA PIONIR HYPERTEKS

Berners-Lee bukanlah penemu Internet.Tapi Internet bagai sebuah perpustakaan besar yang tetap sama sekali kosong sampai Berners-Lee datang dan menyediakan bukubuku. Berners-Lee meluncurkan temuannya pada 1991.Sejak saat itu web dan Internet

menjamur bersama. Ada sebuah kesempatan pada Juni 1992,ketika CERN mengirimkan Berners-Lee ke Amerika Serikat selama 3 bulan.Pertama ia mengunjungi Laboratory for Computer Science MIT,lalu ia pergi ke konferensi IETF di Boston,kemudian mengunjungi Xerox- Parc di Palo Alto,California.Pada akhir perjalanannya ini ia mengunjungi Ted Nelson,lalu tinggal di sebuah rumah perahu di Sausalito. Ted Nelson bisa dibilang merupakan salah satu rantai yang berpengaruh dalam penemuan Web.Rantai pertama merujuk pada Vannevar Bush,wakil presiden Massachusetts Institute of Technology,yang mempublikasikan sebuah artikel berjudul ”As We May Think” di majalah bulanan Atlantic Monthly volume 176 edisi Juli 1945.Dalam artikel itu Bush memvisikan sebuah gudang pengetahuan yang gampang dipakai,mampu dicari,dan personal,yang ia sebut”Memex.” Selagi Bush tidak mampu membangun Memex,ia menginspirasikan banyak orang termasuk Ted Nelson.Dialah yang pertama kali menemukan kata ”hypertext”pada tahun 1963.Kata ”hypertext” untuk pertama kalinya tercetak di koran kampus dalam sebuah berita tentang ceramah yang diberikan Nelson yang bertajuk ”Computers,Creativity,and the Nature of the Written Word” pad abulan Januari 1965.

Nelson belakangan mempopulerkan konsep hypertext dalam bukunya Literary Machines.Visinya melibatkan implementasi suatu docuverse,di mana semua data disimpan sekali,tak ada penghapusan,dan semua informasi bisa diakses dengan sebuah

link dari manapun Navigasi dalam informasi bersifat non-linear,tergantung pada pilihan link masing-masing individu.Ini lebih dari sekadar teks,inilah hypertext.Dan web merealisasikan bagian visi ini,terkecuali bahwa ada penghapusan dan beberapa informasi

disimpan di lebih dari satu tempat. Entah kebetulan atau tidak,ada beberapa kesamaan di antara orang-orang yang punya

andil besar dalam pengembangan teknologi web ini.Ted Nelson,misalnya,ternyata punya pengalaman menangani peralatan tata lampu dan audiovisual di teater amatir.Dan tom Bruce,yang mengembangkan PC web browser pertama,juga pernah secara profesional bekerja sebagai manajer panggung di sebuah teater.Ternyata mereka juga para seniman.

  • Linus Torvalds:

(Gerombolan Pinguin yang Menaklukkan Dunia)

Jika ada revolusi kemerdekaan di dunia piranti lunak,maka Linus Torvalds akan seperti Bung Karno yang diculik dan ’dipaksa’ untuk membuat naskah proklamasi.Kemiripan Linus dengan Bung Karno adalah,1)ia memiliki karisma yang cukup kuat dan suaranya di

dengarkan oleh rakyat,dan 2)ia adalah sosok pemimpin yang enggan,buktinya Linus menyebut ’revolusi’yang terjadi berkat sistem operasi Linux sebagai ’revolusi yang tidak disengaja’. Di sisi lain,Linus sangat pas dengan stereoripe geek/hacker.Linus berkacamata,rambutnya sering terlihat rapi meski tidak klimis,dan ia memiliki kulit yang sangat pucat.Bahkan ia bisa dibilang sebagai uber-geek alias biangnya geek.

WABAH PINGUIN

Konon,Linus pada usia belasan tahun pernah mengunjungi sebuah kebun binatang di Finlandia dan mengalami insiden yang tidak menyenangkan.Mitosnya,ia dipatuk seekor pinguin.Entah bagaimana kejadian sebenarnya,tetapi konon insiden ini yang membuat

Linus memilih pinguin sebagai maskotnya,maskot yang kemudian digunakan juga sebagai maskot Linux. Saat popularitas Linux semakin menanjak,di tahun 1996,para hacker yang mengembangkannya berniat membuat logo resmi.Sebuah kontes pun digelar

online.Kontes itu memenangkan sebuag logo yang kini tidak terlalu dikenal.Torvalds saat itu memilih salah satu calon logo bernama Tux,sebuah pinguin gemuk yang digambar oleh Larry ewing.sebagai maskotnya.Pilihan Torvalds ini ternyatadi sambut hangat oleh

komunitas.Hasil voting diabaikan,dan sejak itu Tux pun menclock di hati hacker Linux sebagai maskot sistem operasi open source tersebut. Tahun demi tahun Linux terus menjadi populer.Pada tahun 1999,Red Hat dan VA Linux melakukan penawaran publik untuk saham mereka.Kedua perusahaan yang merajai ranah bisnis berbasis Linux itu sebelumnya telah menganugerahkan sebagian saham mereka pada Linus.Akibatnya,saat penawaran publik digelar nilai kekayaan Linus melonjak hingga US$ 20 juta.

Namun,Linus tetap rendah hati.Cucu dari penyair Ole Torvalds itu sering dijuluki sebagai ’diktator yang baik hati’ karena,meski memiliki otoritas terhadap pengembangan kernel Linux,Linus tak pernah melakukan caci-maki terhadap produk piranti lunak lain.

Namun ia tetap diktator.Keputusannya adalah (kurang lebih) final dan tidak bisa ditolak oleh pengembang Linux lainnya.Dalam hal ini Linus kerap terjebak dalam dilema,misalnya ia di satu sisi mengembangkan proyek open source paling terkenal di dunia,tetapu di sisi lain ia juga mendukung penggunaan piranti lunak ’terkunci’dalam pengembangan Linux.Ia juga mengakui bahwa Linux bisa digunakan untuk menjalankanprogram Digital Rigths Management (DRM),meski DRM merupakan salah ’benda’ yang paling dibenci para hacker.

  • Richard Stallman:

Sang Nabi Kemerdekaan Software

Tanpa Stallman dan derakan GNU-nya mungkin Linux tidak akan menjadi seperti sekarang.Pria dengan sorot mata yang tajam ini bagaikan sosok ’nabi’ yang menyerukan kemerdekaan piranti lunak.Richard Stallman,adalah salah satu dari gerombolan programmer di Massachusets Institute of Technology (MIT) yang dikenal sebagai hacker.Kelompok ini adalah penghuni laboratorium Artificial Intelligence (kecerdasan buatan) di MIT yang kerap bekerja di depan komputer hingga berhari-hati demi menghasilkan sebuah piranti lunak,hacker dalam arti yang murni.

SANTO IGNUCIUS

Karya paling fenomenal dari hacker yang punya julukan RMS ini adalah GNU,yaitu sebuah proyek yang pada awalnya berusaha menghasilkan sistem operasi mirip Unix dengan nama GNU (singkatan berulang dari GNU’s Not Unix).GNU melahirkan banyak

proyek piranti lunak merdeka,yang di kemudian hari akan bergabung dengan kernel Linux utuk menjadi sebiah piranti lunak komplit.

Namun tonggak GNU adalah lisensi yang bernama GNU General Public License,dokumen legal ini memungkinkan seorang penulis piranti lunak untuk memerdekakan kode penyusun piranti lunak yang disusunnya,sebuah tindakan yang populer dikaitkan dengan Open Source tapi oleh Stallman lebih suka disebut sebagai Free Software.Dengan GPL piranti lunak yang disusun bisa dimodifikasi oleh orang lain dengan syarat hasil modifikasi dikembalikan ke penulis awal serta dimerdekakan di bawah GPL.Sebenarnya GPL merupakan cara penulis piranti lunak untuk menegakkan hak cipta mereka.Lisensi ini memungkinkan penulis mengambil hak cipta mereka lalu memerdekakannya.berbeda dengan melepas sebuah karya ke ranah umum yang akan meniadakan hak cipta seorang penulis. GNU oleh Stallman dibawa ke berbagai tempat.Ia tak pernah letih mengajak orang untuk menyebut Linux sebagai ’GNU/Linux’atau ’GNU + Linux’.Saking kuatnya khotbah Sang Stallman soal GNU,ia menjuluki dirinya sendiri dengan’ST IGNUcius’(Santo Ignucius).Plesetan dari Santo Ignatius dan GNU. Prestasi Stallman lainnya adalah ia berhasil membawa pemerintahan di negara bagian Kerala.India bagian Selatan,untuk beralih menggunakan piranti lunak merdeka.Bahkan diakhir 2006 Kerala menyatakan dengan tegas penolakan mereka terhadap piranti lunak buatan Microsoft.

  • Fyodor:

Peta,Kompas dan Hacker

Hacker memasuki dunia maya bukan hanya berbekal pengetahuan atau teori tentang sebuah sistem,hacker melengkapi diri dengan peralatan yang cocok.Bagai seorang penjelajah yang selalu dilengkapi peta dan kompas,hacker juga melengkapi diri dengan

piranti lunak pembantu.Salah satu piranti favorit para hacker adalah Nmap.Piranti ini mampu memetakan sebuah jaringan dan menemukan host yang menyala,layanan yang tersedia(misalkan web server atau mail server),hingga sistem operasi yang berjalan di

sebuah jaringan. Pembuat piranti itu adalah seorang pria bernama Fyodor.Sebenarnya itu bukan nama aslinya,Fyodor diambil dari nama pengarang terkenal asal Rusia Fyodor Dostoyevski. Seperti banyak perangkat yang diciptakan manusia,Nmap bisa digunakan untuk kejahatan atau kebaikan.Fyodor sendiri telah menuliskan sebuah buku mengenai cara mengamankan jaringan dengan memanfaatkan Nmap.Di sisi lain ia dan Kevin Mitnick,Jay Beale,dan banyak hacker lain telah berkolaborasi untuk membuat sebuah

buku fiksi tentang hacker yang menguasai dunia,dalam buku itu cara penggunaan piranti lunak sungguhan dijelaskan secara rinci,termasuk penggunaan Nmap.

Black-Hat Hackers

Black-Hat Hacker,hacker dengan topi hitam,adalah tokoh-tokoh yang kerap melupakan batasan moral dan etika dalam melakukan inovasi teknologi.Mereka juga ikut mendorong banyak revolusi dalam dunia komputer dan teknologi informasi,salah satunya dari sisi pihak-pihak yang tak ingin lai menjadi korban aksi-aksi para topi hitam ini.

  • Robert Tappan Morris:

Kalau Cacing Menyerbu Internet

Masih sore waktu itu.Di salah satu laboratorium komputer Massachusets Institute of Techonlogy (MIT),pada saat Selasa 2 November 1988,Robert Tappan Morris masih mengutak0atik sebuah program komputer bikinannya.Kono,program itu akan menjadi dasar desertasinya.Morris waktu itu memang tercatat sebagai mahasisiwa doktoral di Cornell University. Sebetulnya ada beberapa silang pendapat tentang program komputer yang dibuat Morris.tapi semua orang sepakat untuk menyebut program tersebut sebagai sejenis worm komputer.Worm atau Cacing,dalam bahasa Indonesia.Dari namanya kita sudah bisa menduga,program komputer ini bisa berkembang biak,merayap dan menyebar ke manamana, dari satu komputer ke komputer lain. Berbeda dengan virus komputer,worm komputer tidak perlu dengan sengaja ditunggangkan ke disket atau USB flash disk untuk menyebarkan diri.Worm komputer nisa menyebarkan dirinya sendiri selama ada jalan yang bisa menghubungkan dirinya ke komputer lain seperti koneksi Internet atau jaringan komputer lokal. Morris memprogram worm-nya untuk bisa menyebarkan diri lewat sebuah celah keamanan di sistem operasi komputer UNIX.Salah satu celah keamanan yang dimanfaatkan oleh Morris adalah celah keamanan di program Sendmail,yang banyak dipakai oleh server Internet untuk mengirimkan email.Lewat kelemahan pada program Sendmail itu,dari jarak jauh Morris bisa mengeluarkan perintah yang akan membuka sebuah program dialog,yang secara efektif memungkinkan worm untuk menjalankan perintah-perintah lain di mesin yang ditujunya. Untuk bisa menyusup ke sistem komputer lain,worm bikinan Morris diprogram untuk menemukan daftar pemakai di sebuah jaringan komputer,dan lalu mulai memburu passwordnya.Pertama,mengandalkan kemalasan pemakai komputer,si worm mencari pemakai komputer yang passwordnya sama dengan username-nya misal,username-nya Yayan dan passwordnya pun yayan.Jika cara ini gagal untuk menembus sistem komputer,worm diperintahkan untuk mencoba username lain dengan menggunakan daftar432 password yang bisa dipakai oleh para hacker.Penggunaan daftar password macam tuadalah hal lumrah bagi para hacker yang berniat membobol sebuah sistem komputer.

Morris merancang worm-nya agar bisa menyalin dirinya sendiri,menggandakan dirinya sendiri di komputer lain.Morris berharap,worm-nya akan membuat satu worm baru dikomputer lain yang disusupinya.Hanya satu saja.Tidak lebih,dan tidak kurang.Dalam pikiran Morris,worm itu akan berkembang biak di jaringan komputer secara perlahanperlahan.

Begitulah maunya Morris. Ada beberapa versi tentang tujuan Morris membuat worm itu.Ada yang mengatakan bahwa worm itu dirancang untuk menguji keamanan komputer yang memakai sistem operasi UNIX.Ada juga yang bilang,worm tersebut diperintahkan untuk memberikan respon-balik ke Morris untuk mengetahui ukuran Internet pada tahun 1988 itu. Program worm yang dibikin oleh Morris sebetulnya belum benar-benar rampung sore itu.Tapi lelaki kurus tinggi itu ingin menguji coba programmnya.Morris Worm,begitulah kemudian program itu disebut,mulai bekerja tanpa ditunggui oleh Morris.Sehabis menjalankan programmnya,Morris bergegas pulang untuk melahap makan malamnya. Yang Morris tahu,setibanya kembali di laboratorium MIT itu,komputernya macet.Jaringan komputer di laboratoriumnya juga mati.Morris tidak sadar bahwa cacing

bikinannya sudah merayap ke komputer lain di Internet. Dua jam sejak diluncurkan,Morris Worm sudah menginfeksi komputer di University of Utah,Pukul 21:09 waktu setempat,worm itu mulai menginfeksi computer lain jenis VAX.Morries Worm memang hanya menginfeksi computer-komputer jenis VAX bikinan digital equipment Corp dan computer bikinan digital equipment corp dan computer jenis lain tidak terinfeksi. Tidak sampai setengah jan sejak serangan pertama ke komputer lain,komputer-komputer

yang terinfeksi di University of Utah menunjukkan beban rata-rata yang aneh.Beban ratarata adalah ukuran untk mengukur seberapa keras sebuah komputer bekerja.Biasanya beban rata-rata komputer VAX pada pukul 21:30 di universitas itu hanya mencapai 1.Tapi

malam itu beban rata-rata komputer mencapai 5.Padahal jika beban rata-rata melebihi angka 5 maka komputer akan menunda pemoresesan data:komputer akan macet. Ini tidak berlangsung di University of Utah saja.Malam itu benar-benar menjadi malam jahanam yang merepotkan banyak para administrator jaringan komputer,terutama di kantor-kantor pemerintahan dan universitas-universitas di Amerika Serikat sebelah utara.Para administrator sistem komputer segera menyadari bahwa komputer-komputer di

jaringannya bekerja semakin lambat dan semakin pelan. Kembali ke University of Utah,pukul 21:41,beban rata-rata komputer mencapai 7.sembilan belas menit kemudian,beban rata-rata komputer sampai ke angka 16.Jam 22:06 komputer di University of Utah benar-benar lumpuh.Tidak ada seorang pun yang bisa memakai komputer.

  • Kevin Mitnick:

America’s Most Wanted hacker

Sebuah ketukan terdengar dari pintu apartemennya, Kevin Mitnick membuka pintu dan mendapati lusinan agen FBI dan penegak hukum lain sudah bersiap untuk menangkapnya. Ini adalah akhir perjalanan seorang hacker yang terpaksa buron demi menghindari hukuman penjara. Hacker yang selama masa buronannya itu telah mendapatkan status legendaris, bahkan telah tumbuh menjadi sebuah mitos yang lebih besar dari dirinya sendiri Penangkapan yang terjadi pada 1995 itu menandai awal dari kasus penahanan yang paling kontroversial terhadap seorang pelaku kejahatan cyber. Mitnick adalah seorang penyusup pada sistem komputer menjelma sebagai America’s Most Wanted Hacker. Kecanduan Komputer Mitnick mudah mempelajari komputer dengan nongkrong di toko radioshack atau diperpustakaan umum, keluarganya tidak cukup berduit untuk memiliki komputer sendiri. Kesukaannya pada komputer berkembang hingga ia dewasa. Pada periode 1990-an, Mitnick mudah sekali keluar masuk sistem komputer. Namun pada akhir 1980-an ia sebenarnya ingin meninggalkan hobynya tersebut dan mulai mencari pekerjaan yang sah. Sayangnya, sebelum ia bisa melakukan itu, pada 1987 ia tertangkap karena menyusup perusahaan Santa Cruz Organization, sebuah perusahaan piranti lunak yang terutama bergerak dibidang sistem operasi Unix. Ketika itu pengacara mitnik berhasil menurunkan tuduhan kejahatan menjadi tindakan yang kurang baik, Mitnick pun hanya di ganjar 3 tahun masa percobaan. Tidak sampai setahun Mitnick kembali tersandung kasus hukum. Gara-garanya seorang teman yang komputernya ia gunakan untuk membobol komputer lain melaporkan

Mitnick yang berwajib kali itu yang dibobol Mitnick adalah milik Digital Equipment Corporation. Setiap kali membobol komputer yang dilakukan mitnik adalah mengambil code penyusun dari piranti lunak. Kode itu kemudian dia pelajari dengan sungguhsungguh,

terkadang menemukan beberapa kelemahan didalamnya. Dalam sebuah kesempatan Mitnick hanya mengaku mengambil kode penyusun dari piranti lunak yang ia sukai atau yang menarik baginya. Dalam kasus DEC Mitnick mendapatkan masa tahanan yang lebih berat. Ketika itu pengacaranya menyebut Mitnick memiliki, ‘kecanduan pada komputer yang tidak bisa dihentikan’. Ia diganjar 1 tahun penjara.

  • Vladmir Levin:

From Russia,With Love

Sistem keamanan Citibank di New York,pada Agustus 2004 itu,menandai dua transfer uang,Satu,sebuah transfer uang secara elektronik sebesar USD 28.800.Kedua,transfer uang sebesar USD yang juga dilakukan secara elektronik.Kedua transfer itu tampak

mencurigakan. Pihak bank segera mengontak FBI.Biro penyelidik federal Amerika Serikat itu mengendus adanya tindak kejahatan.Pelacakan mulai dilakukan.Bahkan,penyelidikan ini melibatkan para penegak hukum di berbagai negara.

MENJARAH USD 10 JUTA DARI CITIBANK

Upaya ini tidak sia-sia.Pada akhir Agustus 2004,berbekal informasi yang dipasok oleh phak Citibank lewat FBI,polisi Israel menangkap seorang lelaki berkebangsaan Georgia yang berpaspor Yunani atas nama Alexios Palmidis.Belakangan diketahui,paspor itu palsu.Si lelaki ternyata bernama Alexei Lachmanov dan berasal dari Rusia. Lachmanov ditangkap pada saat berniat mau menarik uang sebesar USD 940 ribu di beberapa bank di Israel.Uang tersebut ditrasnfer secara ilegal dari Invest-capital,sebuah cabang Citibank di Argentina,dan masuk ke lima rekening yang dikuasai oleh Lachmannov. Dalam aksinya,Lachmanov tidak sendirian,Di duga,Lachmanov hanyalah kaki tangan dari sebuah gerombolan perampok elektronik.Uang yang dijarahpun bukan hanya USD

940 ribu.Penyelidik menemukan bahwa uang uang berhasil dijarah oleh kawanan Lachmanov dari Citibank itu mencapai USD 10 juta.

Berbagai penyelidik dan pelacakan,serta berkat bantuan para pejabat telekomunikasi Rusia,akhirnya mengarah ke satu nama yang dianggap sebagai dalang aksi ini adalah dia,Vladimir Levin.

  • Loyd Blankeship: Sang Mentor

Kalau belum pernah mendengar nama Loyd Blankenship sebelumnya,mungkin anda mengira pemilik situs web tersebut Cuma seorang pengrajin kayu biasa.Tapi cobalah gunakan Google untuk mencari tahu siapa Loyd Blankeship.Ya! Dia adalah salah seorang

hacker Amerika Serikat terkenal. Apa hubungannya pengrajin kayu dan hacker bagi Loyd?Entahlah,Yang pasti istilah hacker,pada awalnya berarti tukan furniture yang menggunakan kampak dalam bekerja.Konon,Loyd memang suka dengan kerajinan kayu dan pembuat musik untuk game. Loyd,yang dikalangan underground lebih dikenal dengan nama The Mentor,pernah menjadi salah satu anggota Legion of Doom (LOD).Kelompok hacker yang berdiri tahun 1984 ini,di zamannya,sangat getol melakukan pengalihan jaringan telepon,menyalin informasi-informasi milik berbagai perusahaan dan menyeberkan panduan hacking.Loyd adalah generasi kedua dari kelompok hacker LOD.

HACKING PERTAMA

Perkenalannya dengan komputer dimulai ketika keluarga Loyd dari Austin ke San Marcos,yang sama-sama terletak di Negara bagian Texas,pada awal 1976.Ia masih duduk di sekolah dasar waktu itu. “Di San Marcos waktu itu tidak ada yang kukenal,”aku Loyd.Ia lebih banyak menghabiskan waktunya di laboratorium komputer yang terdapat di perpustakaan Southwest Texas State University.Di situ terdapat banyak komputer generasi awal seperti Per-10s,Compu Colors dan beberapa Apple II generasi awal.”Aku sering main game di komputer-komputer itu,”kenangnya.

  • Kevin Poulsen:Demi Mimpi Menang Lotere

Siapa yang tidak tergiur?Sebuah mobil Porsche 944 S2 seharga USD 50 ribu menjadi hadiah utamanya.Hadiah ini diberikan kepada orang yang berhasil menjadi penelepon ke- 102 pada acara ”Win a Porsche by Friday”,yang digelar oleh KIIS FM 102,sebuah stasiun radio di Los Angeles Amerika Serikat. Wajar saja,hari jumat 1 Juni 1990 itu 25 jalur telepon yang disediakan stasiun radio KIIS FM 102 sangat sibuk.Bahkan bukan Cuma padat,jalur-jalur telepon itu macet!Banyak orang mulai dari ibu rumah tangga ,pelajar sampai pebisnis menyerbu nomor telepon milik stasiun radio itu.Tapi untuk untuk berhasil menelepon ke nomor-nomor yang tersedia itu susahnya minta ampun. Mobil Porsche itu akhirnya jatuh ke seorang pendengar yang berhasil menjadi penelepon ke- 102.SI pemenang pasti gembira,sementara para pendengar yang gagal men-dial nomor-nomor telepon stasiun radio itu boleh kecewa atau boleh ikut senang membayangkan kegembiraan si pemenang.

  • Joe Engressia & John Draper:Siulan yang menggemparkan Dunia

Untuk urusan dunia bawah tanah telekomunikasi,Anda yang tumbuh besar pada era akhir 80-an sampai sekarang mungkin lebih akrab dengan istilah hacking atau hacker.Padahal ada istilah lain di kalangan undeground telekomunisi yang dikenal lebih dulu adalah phreaking dan phreaker. Berbeda dengan hacking yang lebih berkaitan dengan mengutak-atik komputer baik software maupun hardware,phreaking adalah kegiatan ngoprek telepon,perusahaan telepon,dan sistem yang terhubung dengan PSTN (public switched telephone network). Phreaking dilakukan dengan macam-macam motif.Ada yang sekedar untuk hobi dan kesenangan.Ada juga yang melakukannya agar bisa menelepon jarak jauh dengan gratis. Untuk sekedar ilustrasi,sebelum penggunaan handphone begitu meluas seperti sekarang,kita barangkali pernah mendengar bisik-bisik dari kuping bahwa ada cara untuk mengakali perusahaan telepon agar bisa menelepon tanpa biaya lewat sebuah telepon umum.Atau,barangkali kita juga pernah mendengar rumor bahwa seseorang bisa menelepon ke luar are-nya dengan biaya lokal,asal saja bisa mengakali jaringan telepon PABX (private Automatic Branch eXchange)sebuah perusahaan.Itu adalah contoh-contoh sederhana phreaking. Istilah ”phreak”berasal dari dua kata ”phone”dan”freak”.Tapi istilah ini juga sering dikaitkan dengan penggunaan macam-macam frekuensi suara untuk memanipulasi sistem telepon. Kegiatan dan istilah phreaking di kalangan underground sangat populer pada tahun 60-an sampai paruh pertama dekade 70-an.Selepas masa itu,hacking dan hacker lebih populer.Boleh jadi,ini berkaitan dengan perkembangan dan penetrasi komputer ke segala urusan,termasuk telekomunikasi. Ada satu nama yang akan terus dikenang sebagai legenda di kalangan para phreaker.Dia adalah Joe Engressia.Bahkan sebuah artikel di majalah Esquire pada tahun 1971 menyebut lelaki buta ini sebagai nenek moyang para phreaker.

  • Adrian Lamo:Sang Pengembara

Caranya memandang dunia bagaikan seorang penyair.Setiap kejadian berusaha dijadikannya berkah.Namanya adalah Adrian Lamo,seorang hacker tanpa rumah yang gemar berkelana keliling Amerika Serikat.Daftar perusahaan yang dibobolnya cukup panjang,termasuk Yahoo!,Microsoft,Excite@Home,WorldCom.dan yang membuatnya tertangkap : New York Times.

Tidak seperti pembobol jaringan kebanyakan,Lamo merupakan tipe yang cukup etis.Ia biasanya memberitahu pada ’korban’-nya bagaimana persis cara ia membobol sistem tersebut.Hal ini membantu administrator sistem untuk memperbaiki kesalahan sistem

yang ada.Lamo bahkan kerap dipuji sebagai orang yang sangat membantu dan memiliki kemampuan yang luar biasa.

  • Hacker di Indonesia: Bhinhacka Tunggal Ika

Banyak yang bilang Indonesia adalah bangsa peniru.Masyarakatnya lebih suka menunggu sesuatu terbukti berhasil sebelum melakukannya.Namun di luar stereotipe yang seakanakan telah merasuk dalam pikiran manusia Indonesia itu,ada juga kreativitas yang tumbuh dari bangsa ini.Termasuk di bidang teknologi informasi.Hacker-hacker yang berpotensi juga telah tumbuh di Indonesia.Berikut ini adalah beberapa di antara mereka.

KEMERDEKAAN TANPA KABEL

Onno W.Purbo mungkin termasuk salah satu tokoh TI Indonesia yang paling dikenal.Bukan hanya di Indonesia,tapi di kancah internasional nama Onno telah cukup dikenal. Onno adalah motor di balik terbukanya frekuensi 2,4 Gigahertz bagi masyarakat.Hack

yang dilakukan Onno sederhana,ia mengajarkan manfaat teknologi internet nirkabel via 2,4 Ghz pada masyarakat luas.Padahal ketika itu pemerintah masih menetapkan aturan yang ketat untuk frekuensi tersebut dan penggunaanya tanpa izin bisa berujung pada

kasus hukum. Setelah banyak masyarakat yang menggunakan,pemerintah nyaris tak ada pilihan lain kecuali mendukungnya dan membebaskan penggunaan 2,4 Ghz.Tanpa social hacking yang dilakukan Onno dan rekan-rekannya,mungkin perkembangan internet nirkabel di Indonesia tak akan seperti sekarang. Saat ini Onno sedang melakukan hack lain,yaitu Voice over Internet Protocol(VoIP)alias telepon via internet.Sasaran tembaknya adalah raksasa telekomunikasi PT Telkom Tbk.”Rakyat,”ujarnya suatu ketika,”juga bisa jadi Telkom sendiri.”

CYBER PASPAMPRES

Jika di kehidupan sehari-hari Presiden dikawal oleh pasukan khusus yang dikenal dengan sebutan Paspamres (Pasukan Pengamanan Presiden),di dunia maya situs sang Presiden juga memiliki pengawalan serupa.Presiden ke-6 Indonesia,Susilo Bambang

Yudhoyono,adalah presiden pertama di Indonesia yang memiliki situs resmi saat menjabat sebagai presiden.Tentunya situs itu menjadi salah satu sasaran serangan,lalu siapa yang melakukan pengamanan? Sebuah tim khusus telah dibentuk untuk melakukan pengelolaan situs milik Sang Presiden.Orang yang bertanggung jawab terhadap keamanannya adalah I Made .Hacker Open Source ini mengaku harus memeriksa ratusan ribu data logfile dari server Sang Presiden,tugas yang butuh dedikasi dan ketelitian khas seorang hacker.

HACKER PARTAI JAMBU

Pesta politik Pemilu selalu diwarnai dengan kontroversi.Termasuk pada Pemilu 2004,yaitu saat pemilu multi partai kedua dan pemilihan Presiden langsung pertama kali di Indonesia.Salah satu yang sempat jadi bahan perdebatan adalah sistem teknologi

informasi yang digunakan oleh Komisi Pemilihan Umum(KPU). Sistem TI yang dipilih KPU,apapun sistemnya,sudah pasti akan menjadi sasaran kritik pihak-pihak lain.Situs KPU juga demikian.Situs yang digunakan untuk menampilkan data

perhitungan suara itu bukan hanya dikritisi,tapi juga berusaha dijahili. Soal situs yang dijahili,KPU bukan tidak punya peran.Beberapa pejabat lembaga itu berbicara di hadapan media massa sambil menyombongkan sistem keamanan situs

KPU.walhasil,komunitas bawah tanah merasa makin tertantang untuk menembus situs

lembaga pemerintahan itu. Adalah seorang pria asal Kebumen,Dani Firmansyah alias Xnuxer yang berhasil masuk

dan melakukan perubahan pada situs KPU.Pada hari Sabtu,17 April 2004,ia masuk dan mengubah nama-nama partai peserta Pemilu dengan nama generik yang digunakan dalam iklan KPU.Ini termasuk Partai Jambu,Partai Nanas,dan banyak nama lainnya.

Tindakan Dani ini membuat berang para pejabat.Pencarian pun digelar untuk memburunya,hingga akhirnya Dani tertangkap di sebuah kos-kosan di Jogja. Sidang Dani berlangsung selama 6 bulan 12 hari,selama itu pula ia mendekam di Salemba menanti proses pengadilan selesai.Pada akhirnya ia divonis 6 bulan 12 hari,persis sama dengan masa yang telah ia habiskan di tahanan.

Setelah babak itu,Dani kini menghabiskan waktunya untuk mendukung komunitas Open Source.Versi Xnuxer Linux yang disusunnya merupakan salah satu distro Linux terkemuka di Indonesia.

MENGINTIP REKENING BCA

Jika bukan yang paling besar,Bank Central Asia (BCA) adalah salah satu bank terbesar di Indonesia.Bukan hanya banyak nasabahnya.BCA juga memiliki rangkaian inovasi yang cukup luas.Mulai dari internet banking(klikBCA)hingga mobile banking (m-BCA). Awal 2006 bank terkemuka ini dihebohkan oleh sebuah kasus yang menimpa situs klikBCA.Data transaksi nasabah seharusnya merupakan hal yang rahasia,namun seorang hacker dengan nama samaran Ray Abduh menemukan bahwa ia bisa melihat data nasabah lain selama ia memiliki nomor rekening nasabah tersebut.Data yang dilihatnya bisa sangat detail,hingga bertahun-tahun kebelakang.Padahal layanan KlikBCA yang

resmi pun tidak memperbolehkan nasabah melihat data lebih dari 30 hari terakhir. Merebaknya kasus tersebut di media massa sempat membuat panik bank yang memiliki afiliasi dengan jaringan bisnis salah satu konglomerat terbesar di Indonesia itu,Beruntung tidak terjadi salah langkah di pihak BCA.Abduh dan BCA akhirnya bertemu di sebuah rumah makan di Jakarta Selatan untuk mendiskusikan celah yang ditemukannya.Pada akhirnya BCA menutup celah itu dalam waktu kurang dari 24 jam.

INDONESIA JAYA

Indonesia memang belum kehabisan hacker,baik mereka yang bertopi putih,abu-abu,atau hitam.Mungkin ini adalah salah satu cara untuk memajukan dunia teknologi informasi di Indonesia.dengan melahirkan individu-individu kreatif dan berbakat yang mau

melakukan usaha keras demi mencapai tujuannya.Semoga saja tujuan itu adalah untuk kebaikan kita semua.

IDEOLOGI PARA HACKER

Nama The Mentor,sebutan Loyd di dunia bawah tanah hacker,mencuat setelah risalahnya dipublikasikan di Phrack,sebuah majalah elektronik yang beredar di kalangan hacker.Aslinya,risalah itu berjudul “The Conscience of a Hacker”,Namun risalah yang ia

tulis beberapa saat setelah ditangkap dalam sebuah kasus hacking ini kemudian lebih dikenal sebagai Manifesto Hacker.

Cobalah simak manifesto itu:

Inilah dunia kami…dunia electron dan switch,beauty of the baud.Kalian menyebut kami

penjahat..karena kami menggunakan layanan yang sudah ada tanpa membayar,padahal

layanan itu seharusnya sangat murah jika tidak dikuasai olej orang-orang rakus.Kami

kalian sebut penjahat..karena kami gemar menjelajah.Kami kalian sebut penjahat…

karena kami mengejar ilmu pengetahuan.kami ada tanpa mengejar ilmu

pegetahuan.Kami ada tanpa warna kulit,tanpa kebangsaan,tanpa bias agama..tapi bagi

kalian kami penjahat.Kami adalah penjahat…sedangkan kalianlah yang membuat bom

nuklir,mengobarkan peperangan,membunuh,berbuat curang,berbohong,dan berusaha

membuat kami percaya bahwa itu semua demi kebaikan kami.

Ya,aku adalah penjahat.Kejahatanku adalah keingintahuanku.Kejahatanku adalah

menilai orang berdasarkan perkataan dan pikiran mereka,dan bukan berdasarkan

penampilan mereka,dan bukan berdasarkan penampilan mereka.Kejahatannku adalah

menjadi lebih pintar dari kalian,sebuah dosa yang tak akan bisa kalian ampuni

Aku adalah hacker,dan inilah menifestoku.Kau bisa menghentikan satu,tapi kau tak bisa

menghentikan semuanya…bagaimanapun juga,kami semua sama.(The Mentor,1986)

Aroma pemberontakan sangat kental dalam manifesto ini.Tulisan Sang Mentor ini

dianggap mewakili semangat dan kegemaran dunia bawah tanah hacker terhadap

masyarakat yang menolak kegiatan hacking.Hampir semua hacker di seantero jagat

menjadikan manifesto ini sebagai ideology mereka dalam bertindak.

Tentang manifesto hacker yang pernah di tulisnya itu,Blankenship berkata “manifesto itu

masih valid sampai sekarang.Aku Cuma merasa ngeri dengan istilah ‘beauty of baud

dalam manifesto itu.”

Selain kemampuan hackingnya,manifesto inilah yang melambungkan nama Sang Mentor

di dunia hacking.Ia bahkan dianggap sebagai ”legenda hidup”oleh dunia hacking

dunia.”Kalau bisa,aku mengirim satu dolar ke masing-masing orang(yang menyebutnya

sebagai “legenda hidup”).Sungguh aku benar-benar tersanjung dengan atensi itu,”ujarnya

suatu ketika.

ASAL-USUL HACKER

Hacker berawal dari hack,istilah setempat untuk menyebut lelucon yang tidak berbahaya tapi melibatkan proses berpikir,kemampuan teknis,dan kreativitas yang melampaui batas.Dari sini awal filosofi hacker untuk melakukan sesuatu secara kreatif. Kemudian,pada era 1950-an,dengan banyaknya kekangan di kampus,muncul istilah tunnel hacking.Ini mengacu pada cara-cara kreatid mahasiswa menembus aturan sekolah dan menyusup ke dalam terowongan-terowongan bawah tanah kampus yang bagai labirin.Ini yang kemudian menjadi akar filosofi hacker untuk melakukan sesuatu secara bebas(penjelajahan tanpa batas).

Kemudian istilah hacker muncul di kelompok penggemar model kereta api,Terutama dari kelompok teknis yang menciptakan perangkat elektronik untuk mengendalikan model kereta api.Ketika itu berawal sebuah filosofi hacker yang hingga kini masih dipegang erat.Filosofi itu adalah efisiensi. Hacker komputer baru mulai berkembang pada akhir tahun 1950-an.Saat itu muncul

komputer pertama di kampus,jenis dari salah satu komputer komersial pertama di dunia.Lahirlah istilah hack yang berarti membuat program piranti lunak tanpa memperhatikan cara-cara resmi dalam membuat piranti lunak,Ini juga berarti melakukan

perbaikan pada efisiensi dan kecepatan program yang sudah ada.Dan ini juga berarti menulis sebuah program hanya demi kesenangan belaka. Pada 1970-an,definisi hacker berkembang lagi.Hacker adalah orang yang menulis kode program hanya demi menulis kode program.Layaknya istilah seniman,hacker merupakan bentuk pujian jika diucapkan oleh orang lain kepada seseorang.Namun hacker merupakan bentuk rasa percaya diri yang berlebih,jika bukan kepongahan,jika diucapkan oleh orang

untuk menyebut dirinya sendiri. Di tahun 1980-an komunitas hacker yang ekslusif makin terlihat kontras dengan filosofi

kebebasan yang mereka anut.Meluasnya ARPANet,cikal bakal internet,membuat hacker dan ilmuwan komputer bisa saling bertukar pikiran dari jarak jauh.Filosofi hacker pun menembus dinding-dinding kampus MIT dan meluas ke seluruh dunia. Namun satu hal yang hilang adalah prinsip melakukan sesuatu tanpa maksud jahat.Seperti istilah hack pada awalnya,hacker hanya memanipulasi sistem yang ada demi tujuan yang ’baik’Misalnya,untuk menghapuskan inefisiensi,atau sekedar bersenang-senang.Namun

saat hacker meluas,muncul orang-orang yang memanfaatkan kemampuan teknis untuk melakukan perbuatan yang tidak etis,bahkan jahat. Istilah hacker pun menjelma seperti saat ini,layaknya bola ping-pong yang dimainkan di atas meja,terpantul-pantul dari satu sisi ke sisi lainnya.hacker pada saat yang sama mengacu pada orang-orang dengan kemampuan teknis yang tinggi,tapi di sisi lain mengacu juga kepada pembobol program komputer dan ’rampok elektronik’.

CIRI-CIRI  HACKER

beberapa hal berikut bisa membantu Anda dan saya,dalam menentukan apakah semangat hacker sudah merasuk dalam diri atau belum.

1.Kemampuan Teknis

Modal dasar bagi seorang hacker adalah kemampuan teknis.Hacker bukan seseorang yang melihat sebaris kode di Internet lalu menerapkannya begitu saja.Seorang hacker melihat sebuah kode dan memanfaatkannya setelah menemukan cara kerjanya dan

mengetahui apakah kode tersebut memang yang paling efektif dan efisien untuk mencapai tujuannya.Apapun yang jadi bidang pekerjaan Anda,Anda bisa menjadi seorang hacker.Seorang pemain sepakbola bisa melihat teknik luar biasa yang dimiliki Pele atau

David Beckham lalu mempelajarinya.Kemudian ia akan menjadi seorang hacker jika dari teknik yang dipelajarinya itu ia bisa menemukan esensinya.Ia bisa menemukan apa yang sesungguhnya diperlukan dalam bermain sepakbola.

2.Kerja Keras

Seorang hacker tidak mudah menyerah.Richard Stallman,misalnya,bisa menghabiskan waktu tanpa tidur berjam-jam demi menciptakan sebuah piranti lunak yang ’sempurna’.Seorang pembobol menghabiskan waktu berjam-jam untuk mencari celah

pada sebuah sistem.Mitnick dengan sabar dan teliti akan mencari celah yang bisa dimasuki,termasuk mengajari temannya untuk bertindak sebagai ’petugas keamanan’demi mendapatkan nomor telepon temannya.Hacker sampai pada tahap yangboleh disebut obsesif.Seorang hacker adalah workaholic yang tidak mudah menyerah.Namun ia melakukan semua itu dengan efisiensi.Seorang hacker tidak akan mengulang-ulang sesuatu jika ia merasa tak perlu,ini termasuk memanfaatkan apa yang sudah dicapai orang lain untuk memenuhi tujuan diri sendiri.

3.Kreativitas

Menemukan sebuah celah keamanan,merekayasa sebuah piranti lunak yang di kemudian hari ternyata digunakan banyak orang,ini adalah contoh dari pekerjaan-pekerjaan yang membutuhkan kreativitas.Kemauan untuk tidak berhenti pada satu pemikiran,untuk tidak terjebak pada sebuah jalan,berani untuk berlaku beda demi mencapai sebuah tujuan. Kreativitas seorang hacker tidak dibatasi oleh hak cipta.Karya orang lain bisa diobrakabrik oleh seorang hacker,dibongkar hingga ke tulang sumsumnya’,dan kemudian

diperbaiki agar lebih efisien,lebih cepat,dan mampu melaksanakan tujuannya.

4.Aturan?Aturan yang Mana?

Aturan adalah pagar yang melindungi.Namun kadangkala apa yang ada di dalam pagar telah melaumpaui pagar itu sendiri.Dalam bertindak,seorang hacker tidak bertanya terlebih dahulu apakah ada aturannya.Aturan adalah hal yang dipikirkan belakangan.

Jika perlu,seorang hacker akan membuat aturannya sendiri.Seperti yang dilakukan Richard Stallman dengan GPL-nya.Aturan yang bagi ahli hukum hak cipta mungkin sempat dianggap gila itu ternyata justru melahirkan inovasi dalam teknologi dan karya cipta yang melebihi apa yang bisa dibayangkan sebelumnya.

5.Tanggung Jawab

Semangat hacker yang dibawa dari awal istilah itu lahir adalah melakukan sesuatu yang tidak merusak.Kini makna itu mulai memudar,namun tanggung jawab tetap menjadi esensi dari hacker.Hacker tidak bersembunyi di balik topeng,jika saatnya tiba untuk

mengaku ia akan mengakui perbuatannya. Seorang Adrian Lamo adalah contoh dari hacker yang bertanggungjawab.Ia menemukan

kelemahan dalam sebuah sistem komputer tetapi mau membantu untuk menutup kelemahan itu.Meski aturan dinomorbuncitkan,etika adalah hal yang sangat dihargai dalam dunia hacker. Bentuk lain dari tanggung jawab seorang hacker adalah kemauan untuk berbagi.Seorang hacker tak menutup hasil kreasinya untuk dirinya sendiri,ia bersedia membaginya ke semua orang.

2 komentar

  1. Baca ulasan tentang HACKER diatas… aku jd Salut……..
    semangat …………… !!!!!!!!
    next time,. AK adlh bagian dr mreka…….. !!


  2. oke bro..thank udah mampir..
    jadi hacker topi putih aja ya…haha



Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: