h1

AMD Opteron Seri 6100 dengan 12 core

7 Januari 2011

Prosesor 2 core, kemudian quad core, sekarang kalau 12 core bagaimana? Bisa dibayangkan betapa besar kemampuan proses komputasi yang bisa dilakukan oleh prosesor 12 core. AMD sebagai pesaing berat Intel terus berjuang dengan meluncurkan produk inovatif dan canggih terlebih dahulu. Dan akhirnya AMD saat ini memiliki produk andalan yaitu AMD Opteron seri 6100 dengan 12 core.

Berikut ini penuturan  oleh John Fruehe  Directour Pemasaran Produk untuk  Server/Workstation di AMD yang dikutip dari blognya:

“Selama setahun belakangan ini saya telah menjadi wajah publik dari prosesor AMD Opteron ™, membelanya melawan kompetitor dan terus menyimpan rahasia yang tidak bisa saya bagikan sampai hari ini, mengenai betapa luar biasanya prosesor ini.

Saya menghabiskan sebagian besar hidup saya dengan blogging, berkomunikasi di forum online, berbicara pada seminar dan semua ini membuat saya mengalami konflik. Kami memiliki produk yang hebat dan saya ingin menceritakan kepada banyak orang, tetapi kami tidak bisa menerangkan secara detil sampai dengan waktunya kami meluncurkan produk ini ke pasar. Tapi hari ini sarung tangan ini dibuka karena hari ini kami telah meluncurkan prosesor AMD Opteron seri 6100.

Produk ini adalah pertama di dunia 8 – dan 12-core prosesor x86 server, dan memiliki sejumlah fitur baru, termasuk 4 saluran memori , teknologi HyperTransport ™ 3.0, keempat teknologi  link HyperTransport untuk komunikasi yang lebih baik antar prosesor –prosesor komunikasi di server 4P, dan daya fitur manajemen yang memungkinkan kita untuk melipat gandakan core, dan mencapai hingga dua kali lipat kinerja (bila dibandingkan dengan generasi sebelumnya), tanpa harus menggandakan daya atau biaya.

Performance

Untuk waktu yang lama saya telah mengatakan kepada orang-orang bahwa performance bukan satu-satunya faktor dalam memutuskan memilih sebuah server. Saya sering mengatakan itu adalah faktor yang kurang penting. Hal ini banyak ditafsirkan berarti “kita akan lebih lambat.” Sebenarnya, kami tampil lebih baik, tapi saya tetap percaya bahwa sementara performance adalah penting, untuk 95% + pembelian server, tetapi bukan pendorong utama dari pembelian produk.

Untuk memberikan gambaran tentang bagaimana kita melakukan, terkait dengan pesaing kami, mari kita mulai dengan SPECint ® _rate2006, yang selalu menjadi patokan Intel favorit untuk menampilkan sebuah performance. Di sini, kita menunjukkan integer throughput lebih tinggi dengan AMD Opteron Processor Model 6.174 VS pesaing kami 2 Prosesor Xeon X5680.

Anda mungkin menyadari bahwa saya memilih untuk bersaing dengan kecepatan lebih rendah dari prosesor performa terbaik kami karena kami tidak perlu kecepatan tertinggi untuk menang. Kami
tidak hanya menunjukkan performance yang lebih baik daripada mereka, tapi kami 88% lebih cepat daripada prosesor generasi sebelumnya.

Pergeseran roda gigi untuk performance floating point, di sini kita melihat bahwa kita adalah 21% lebih cepat daripada pesaing kami atas produk 2P (dan sekali lagi, ini bukan prosesor AMD tercepat.) Terbaik dari semua kekalahan kita adalah 119% lebih cepat daripada generasi 6-core prosesor sebelumnya (sebelumnya dengan nama sandi “Istanbul”).

Anda mungkin berpikir, mengapa kami tidak menampilkan prosesor kami yang paling cepat dalam perbandingan ini. Hal ini dikarenakan kami menyadari sementara performance adalah sesuatu ang pentng, tapi hal ini bukan faktor yang paling penting dalam memilih sebuah server. Dalam banyak kasus, kami yakin harga dan konsumsi daya memainkan peran yang lebih besar.

Konsumsi Daya

Perhatikan bahwa untuk mencapai tingkat performance pesaing kita, mereka harus menggunakan prosesor yang 130W yang tidak ditargetkan pada pasar server utama,
tapi lebih mungkin untuk digunakan dalam workstation. Intel tidak menerangkan jumlah daya mereka, sehingga kita tidak benar-benar memiliki perkiraan daya maksimum mereka, tetapi bagian 130W TDP mereka dikalahkan dengan performance dari ACP 80W. Rasanya efisiensi daya jelas merupakan andalan kita. Fakta bahwa kami telah melipat gandakan core dan daya/thermal range yang dibutuhkan tetap sama dibandingkan dengan generasi kami sebelumnya merupakan suatu bukti efisiensi daya.

Harga

Ini merupakan area yang saya tidak mengerti. Berangkat dari salah satu krisis ekonomi terburuk dalam sejarah, mengapa Intel memberikan harga seri Xeon X dari $ 1386 (untuk 5.500 X series) menjadi $ 1663 (untuk 5.600 X series) yang berada di luar jangkauan saya. Pelanggan mencari yang lebih baik ketika mereka mengeluarkan uang mereka. Dalam perbandingan di atas, sementara mereka masih tidak dapat mengimbangi performance kami, mereka benar-benar lebih mahal daripada produk kami. Dengan uang $ 1.663 VS $ 1.165, pelanggan mereka membayar 42% lebih mahal untuk membeli kemewahan prosesor yang lebih lambat. Ini tidak masuk akal. Bukankah kita semua akan menawarkan pelanggan sesuatu yang lebih baik untuk uang mereka?

Selain harga 2P kita, kita juga telah membuang dengan “4P tax.” Tidak lagi pelanggan harus membayar premi untuk membeli prosesor yang mampu mencapai hingga 4 CPU dalam single platform. Sampai hari ini, ”4P tax” efektif $ 0. Yah, tentu saja, itu tergantung apakah Anda membuat pilihan prosesor yang tepat, karena saya cukup yakin bahwa pesaing kami akan tetap ingin mengenakan biaya yang mahal untuk fitur itu. Saya sarankan Anda tidak membayar itu.

Bahkan, seorang pelanggan mungkin akan menemukan bahwa server 4P, dengan 32 total core (4 x 8-core) yang didasarkan pada harga baru kami, tidak hanya akan berperforma lebih baik dibandingkan pesaing kami sistem 2P tertinggi, tetapi juga akan melakukannya untuk harga yang lebih rendah. Tiba-tiba, 4P itu untuk massa! Ya, dengan prosesor baru ini dan yang baru AMD Opteron ™ 6000 Series platform, akan mengubah dunia.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: