h1

Tips Cara Mengkoneksi Wireless Router

7 Januari 2011

Wireless Router melakukan fungsi router maupun jalur akses nirkabel. Dengan Wireless Router , Anda dapat mengakses internet dan jaringan komputer tanpa sambungan kabel yang mirip dengan jaringan nirkabel. Fungsinya dalam cara yang sama seperti LAN nirkabel. Dengan alat ini Anda dapat memiliki wireless Internet access.

wirelesswifi
Cara mengkoneksi Wireless Router untuk sebuah Laptop?

1.Belilah wireless router sesuai dengan kebutuhan Anda dan yang cocok dengan anggaran Anda. Sebelum Anda conect, periksa apakah sambungan akses Internet Anda bekerja.

2.Set up router dan koneksi internet sesuai petunjuk yang disebutkan dalam manual. Ini akan diperlukan untuk mengatur sambungan kabel dari client ke router.

3.Setelah kabel router telah dikonfigurasi dengan benar, Anda tidak memerlukan sambungan kabel lagi. Namun, untuk tujuan keselamatan, lebih baik untuk memiliki klien kabel yang dikoneksikan, jika ada yang tidak beres dengan koneksi wireless atau laptop di mana Anda akan mendirikan Wi-Fi, maka Anda dapat mengakses melalui antarmuka admin sambungan kabel.

4.Untuk pengaturan client wireless, Anda akan perlu untuk mengumpulkan informasi dari Service Set Identifier (SSID), Wireless Encryption Protocol (WEP) key, channel dan mode.

5.Langkah selanjutnya terdiri dari boot up sistem dan memasangnya di Wi-Fi card. Langkah ini hanya berlaku jika laptop Anda tidak dipasang dengan Wi-Fi card.

6.Setelah ini, instal driver yang dibutuhkan untuk penggunaan Wi-Fi card. Masukkan disk dengan kartu Wi-Fi dan ikuti petunjuk pop up muncul di layar.

7.Jika Anda telah mengikuti petunjuk dengan benar, instalasi akan berhasil dan koneksi Wi-Fi ikon akan muncul di bagian bawah layar.

8.Double-klik ikon ini dan kemudian klik pada “properties” dan pilih “wireless network tab”.

9.Jika jaringan Wi-Fi tidak terlihat dalam “Available Connections” , klik pada tombol add yang ada di bagian bawah kotak dialog.

10.Setelah SSID jaringan Anda muncul dalam daftar koneksi yang tersedia, klik pada konfigurasi dan masukkan network SSID dan WEP key.

11.Terakhir adalah klik pada “start” dan kemudian tombol “connect to” dan “Wireless Network Connection” . Setelah ini jika semuanya dilakukan dengan benar, Anda dapat mengakses jaringan Wi-Fi dan Internet.

Cara Connect Wireless Router untuk sebuah Wired Router

1.Masuk ke admin pada Wireless router. Disable DHCP connection. Ubah alamat IP dari wireless router dan buat berbeda dari router kabel. Ini akan menghindari konflik ketika berhadapan dengan antarmuka admin salah satu router.

2.Hubungkan kabel ke salah satu port LAN di router dan kabel yang sama ini kemudian hubungkan kabel ke port LAN wireless router. Tidak ada kabel yang terpasang pada port WAN dari wireless router.

3.Dengan melakukan ini, Anda mengubah router wireless ke swich. Anda juga dengan by pass membangun firewall di wireless router anda yang akan membantu komputer lokal untuk terhubung dengan bebas ke komputer lain.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: